Cara Merawat dan Menyembuhkan Burung Lovebird yang Terkena Snot

merawat, menyembuhkan, burung, Lovebird, snot
Cara Merawat dan Menyembuhkan Burung Lovebird yang Terkena Snot

BabeKicau.Com - Burung Lovebird yang berwarna cantik dengan suara khasnya yang ngekek, tidak akan berarti apa-apa bila terserang penyakit snot.

Penyakit snot sendiri merupakan penyakit pernapasan yang biasa menyerang unggas, dan pada burung Lovebird biasanya akan menyerang mata seperti ada daging putih disekitar area selaput mata. Hal tersebut dikarenakan pemilik kurang memperhatikan kebersihan kandang.

Gejala awal biasanya burung seringkali mengedipkan mata, sering meram, bulu berdiri, tidak aktif dan lincah, suka berdiri di tangkringan memojok dengan kondisi badan menguyung.

Dalam kondisi seperti ini apabila burung tidak segera ditangani bukan tidak mungkin akan mengalami kematian. Selain itu dapat menulari burung Lovebird yang lain apabila tidak segera dipisah.

Berdasarkan pengalaman di lapangan, berikut Babe Kicau  berikan tips Cara Merawat dan Menyembuhkan Burung Lovebird yang terkena Snot:

1. Pisahkan burung Lovebird yang sakit dari yang lain, dan masukkan ke kandang bulat.

2. Gantung kandang di tempat sepi. Jauhkan dari sinar matahari, dan biarkan burung Lovebird tersebut  beristirahat dengan baik selama proses penyembuhan.

3. Gunakan kerodong tiap hari dan jangan tersleting, agar cahaya bisa masuk sehingga burung Lovebird bisa makan dengan baik.

4. Bersihkan kotoran burungnya setiap hari. Ganti air minum dan usahakan menggunakan air matang atau air mineral, lalu campur dengan vitamin harian.

5. Berikan pakan tambahan yang bergizi dan berprotein untuk menjaga imun burung seperti jagung dan canary seed (usahakan jagung harus tetap ada).

6. Teteskan obat tetes mata pada bagian mata yang terkena snot, lakukan sehari 2 x dan apabila sudah mulai membaik kurangi menjadi sehari 1 x.

7. Jangan pernah memandikan dan menjemur burung selama proses penyembuhan.

8. Jangan pernah memberikan kangkung selama proses penyembuhan.

9. Lakukan proses ini dengan telaten, konsisten, dan bersabar.

Note:
  • Usahakan menggunakan kerodong yang berwarna terang.
  • Hentikan penggunaan tetes mata apabila daging putih yang ada di sekitar area selaput mata sudah hilang.
  • Untuk penyakit snot ringan proses penyembuhannya kurang lebih 1 minggu, snot sedang 2 s.d. 3 minggu, sedangkan snot berat bisa memakan waktu 1 sampai 1,5 bulan.
  • Perawatan diatas hanya untuk burung Lovebird yang terkena snot, dan tidak berlaku untuk burung yang terkena snot yang disertai nyilet.
Selamat mencoba dan semoga berhasil…!

Salam,

Babe Kicau

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat dan Menyembuhkan Burung Lovebird yang Terkena Snot"

Post a Comment